Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat wortel sangat beragam, tidak hanya untuk kesehatan tapi juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan lainnya,  Wortel merupakan sayuran yang sangat berkhasiat. Wortel yang secara luas dikenal sebagai sumber vitamin A, ternyata memiliki segudang manfaat lain. Tentu saja apabila sayuran bewarna oranye ini, dikonsumsi secara rutin. Sama seperti manfaat buah dan sayuran pada umumnya, manfaat wortel ini juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh manusia.

Sebelum menyimak berbagai manfaat wortel, ada baiknya mengenai berbagai kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.

Kandungan Gizi Wortel

Menurut dpertemen pertanian Amerika, satu wortel berukuran sedang atau ½ cangkir wortel cincang dapat dianggap sebagai satu porsi. Satu porsi wortel memiliki kandungan 25 kalori, 6 gram karbohidrat, 3 gram gula dan 1 gram protein.

Wortel kaya akan vitamin A

Wortel adalah makanan yang paling kaya akan vitamin A, menyediakan sekitar 210% dari kebutuhan orang dewasa per hari. Wortel juga mengandung 6% dari kebutuhan vitamin C, 2% dari kebutuhan kalsium dan 2% dari kebutuhan zat besi per porsinya.

Antioksidan

Sayuran ini memiliki kandungan antioksidan beta-karoten yang menjadikan wortel memiliki warna oranye yang cukup terang. Beta-karoten diserap dalam usus dan diubah menjadi vitamin A selama proses pencernaan.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Wortel merupapakan sayuran yang sangat super, ia juga mengandung serat, vitamin K, kalium, folat, mangan, fosfor, magnesium, vitamin E dan seng yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Selain tingginya nutrisi, tentu wortel juga merupakan sumber kesehatan terpercaya, apa saja manfaatnya ?

Manfaat Wortel

  1. Mengurangi Resiko KankerDi dalam wortel  memiliki kandungan hidrat arang, fosfor, beta karoten yang menjadikannya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan beta karoten, dipercaya ampuh untuk mencegah tubuh dari serangan  kanker.  Penelitian menunjukkan, orang yang mengkonsumsi wortel 2 kali sehari, dapat menurunkan 17 % resiko penyakit kanker payudara.Penelitian lain juga menunjukkan bahwa wortel dapat mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Peneliti menemukan zat falcarinol dan falcarindiol yang merupakan zat antikanker.

    Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber sayuran yang memiliki zat ini. Sebuah penelitian menunjukkan risiko kanker 1/3 lebih rendah dari tikus yang mengkonsumsi wortel.

  2. Menekan Resiko Penyakit JantungMengkonsumsi 6 biji wortel dalam seminggu, menurut penilitian uneversitas Harvard baru-baru ini, dapat mengurangi resiko kolesterol jahat dalam tubuh, yang dapat menekan resiko penyakit jantung. Zat antioksidan dalam wortel juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi, yang dapat memicu penyakit jantung.
  3. Meningkatkan Sistem Kekebalan TubuhSistem imun tubuh dapat diperkuat juga dengan konsumsi wortel secara rutin. Penelitian menunjukkan memakan wortel yang dicampur dengan ketumbar, dapat mencegah virus-virus berbahaya menyerang tubuh. Campurlah ketumbar dalam sup wortel untuk mengkonsumsinya dengan bersamaan. Selain itu wortel juga mengandung antioksidan, manfaat antioksidan dikenal sangat penting untuk menjaga dan membuang radikal bebas.
  4. Menjaga Kesehatan MataWortel kaya akan kandungan beta-karoten, yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk mempertajam pengelihatan di malam hari.Beta-karoten juga telah dapat melindungi dari degenerasi makula dan katarak yang merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang sering terjadi pada orang tua. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi beta-karoten memiliki risiko 40% lebih rendah dari degenerasi makula dibandingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya